4 July 20190 Komentar | Dilihat : 707 kali
Ditulis oleh Admin

DispendikTuban - Guna tingkatkan kompetensi pengelola Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di tingkat sekolah, Dinas Pendidikan melalui Sub bagian Program dan Pelaporan mengadakan Sosialisasi Belanja Non Tunai dan RKAS BOS Online di aula Dinas Pendidikan, Senin (01/07) sampai dengan Sabtu (06/07).

Dalam sambutannya Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban, Witono, M.Pd mengatakan bahwa Sosialisasi ini sangat menunjang untuk peningkatan mutu pengelola BOS di tingkat sekolah khususnya bagi Kepala Sekolah, Bendahara BOS dan juga Operator.

Beliau juga menyampaikan bahwa melalui kegiatan ini diharapkan pengelola BOS di tingkat sekolah bisa lebih meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan dan pelaporan BOS sesuai dengan regulasi terbaru dari Kemdikbud.

Tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah dalam rangka mewujudkan tata kelola keuangan yang transparan dan efektif khususnya dalam pengelolaan dana BOS, saat ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga tengah mengembangkan sistem berbasis teknologi informasi dan komunikasi dengan konsep Sistem Elektronik BOS. Didalamnya akan terdiri dari beberapa aplikasi berbasis TIK untuk melakukan tata kelola, mulai dari perencanaan, realisasi, dan pelaporan dana BOS. Diharapkan dengan aplikasi-aplikasi ini tata kelola dana BOS dapat lebih terdokumentasi dengan baik, lebih transparan dan akuntabel. Pengembangan Sistem Elektronik BOS juga untuk mendukung kebijakan pengaplikasian proses transaksi non tunai (cashless) dalam penyaluran dan pemanfaatan dana BOS.

Peserta kegiatan ini terdiri dari 579 lembaga SD dan 91 lembaga SMP, yang dibagi menjadi 6 angkatan, tiap angkatan sebanyak 150 orang, masing-masing angkatan dilaksanakan pembinaan selama 1 hari, dan dilaksanakan mulai 01 Juli sampai dengan 06 Juli, yang bertempat di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban, yang terdiri dari Kepala Sekolah, Bendahara BOS dan Operator.

Sedangkan pemateri pada kegiatan ini terdiri dari Pengawas SMP pada Dinas Pendidikan Kab. Tuban. (Loud)

Kategori
Tag
-
comments powered by Disqus