24 July 20190 Komentar | Dilihat : 770 kali
Ditulis oleh Loud

Keluarga merupakan pendidik yang pertama dan utama. Keluarga mempunyai peran strategis dalam mendukung perkembangan anak untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Perkembangan anak dipengaruhi oleh pengasuhan yang diterapkan dalam keluarga. Selain itu, faktor lingkungan masyarakat dan satuan pendidikan berperan dalam perkembangan anak. Berbagai tantangan dalam pendidikan anak di era globalisasi membutuhkan strategi untuk mencapai tujuan tersebut. Kemitraan antara keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat diharapkan menjadi salah satu langkah dalam mendukung perkembangan anak.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membentuk Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga di bawah Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat dengan tujuan untuk memperkuat pelibatan keluarga dalam penyelenggaraan pendidikan melalui kemitraanantara keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat (Tri Pusat Pendidikan). Hal tersebut akan meningkatkan peran keluarga dalam mendukung terwujudnya lingkungan yang aman, nyaman dan menyenangkan bagi perkembangan anak.

Dalam rangka mendukung terlaksananya tujuan tersebut di atas, Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga mengembangkan program pemberian dana bantuan Bimbingan Teknis Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Dana bantuan dimaksud untuk penyelenggaraan kegiatan Bimbingan Teknis Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga dengan sasaran pelaku pendidikan yaitu pengawas, penilik, kepala satuan pendidikan, komite sekolah, organisasi mitra dan dinas pendidikan.

Penyelenggaraan kegiatan Bimbingan Teknis Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga oleh Dinas Pendidikan Kabupatenpelaku pendidikan yaitu pengawas, penilik, kepala satuan pendidikan, komite sekolah, organisasi mitra dan dinas pendidikan

Kegiatan Bimbingan Teknis Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga dibuka oleh kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban Bapak Drs. Nur Khamid, M.Pd. Dalam sambutannya beliau menyampaikan pentingnya Tri Pusat Pendidikan, yaitu bagaimana membangun sinergitas pendidikan pada lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Pendidikan keluarga mempunyai peran penting dalam mewujudkan perkembangan anak. Beliau juga sangat mengapresiasi dan mengharapkan adanya tindaklanjut dari kegiatan bimbingan teknis penyelenggaraan pendidikan keluarga.

Dengan terselenggaranya kegiatan Bimbingan Teknis Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga diharapkan dapat meningkatkan kapasitas peserta mengenai pelibatan keluarga pada penyelenggaraan pendidikan dan mendorong implementasi di satuan pendidikan. Dan setelah dilaksanakannya kegiatan Bimbingan Teknis Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga, akan dilanjutkan dengan kegiatan Sosialisasi Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga. Kegiatan Sosialisasi Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga direncanakan akan dilaksanakan pada bulan september.

untuk Download Materi Bimtek klik link dibawah ini :

MATERI BIMTEK PENDIDIKAN KELUARGA

comments powered by Disqus